SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

 SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

 

 




 
 

Disusun Oleh:

 

 Nama: Anisya Widowati

NPM: 10517798

Kelas: 4PA08

Dosen Pengampu: Fettiana Gianadevi

 

 

 

UNIVERSITAS GUNADARMA

FAKULTAS PSIKOLOGI

DEPOK

2020




  1. 1.     Definisi Sistem Informasi

Menurut Azhar Susanto (2008) sistem informasi adalah sebagai berikut: “Sistem informasi adalah kumpulan dari subsistem apapun baik phisik ataupun non phisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berarti dan berguna”.

Menurut Dengen (2009) sistem Informasi adalah kumpulan atau susunan yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak serta tenaga pelaksanaannya yang bekerja dalam sebuah proses berurutan dan secara bersama-sama saling mendukung untuk menghasilkan suatu produk.

Menurut Robert (dalam Minarni, 2011) sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan - laporan yang diperlukan.

 Menurut Leitch Davis (dalam Minarni, 2011) sistem informasi adalah suatu sistem didalam sebuah organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan data transaksi harian yang mendukung operasi dan bersifat manajerial dan kegiatan strategis yang diperlukan bagi pihak.

 Menurut Laudo (dalam Mukti, 2013) sistem informasi adalah kumpulan komponen yang saling berhubungan dalam mengumpulkan, memproses, menyimpan, menyediakan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam organisasi.

 

  1. 2. Definisi Psikologi

Menurut Wade & Travis (2007) psikologi adalah disiplin ilmu yang berfokus pada perilaku & berbagai proses mental serta bagaimana perilaku & berbagai proses mental itu dipengaruhi oleh kondisi mental organisme & dari lingkungan eksternal.

Menurut Heru Basuki (2008) psikologi itu adalah ilmu pengetahuan ilmiah yang mempelajari perilaku, sebagai menifestasi dari kesadaran proses mental, aktivitas motorik, kognitif, & emosional.

Menurut Morgan (dalam Basuki, 2008) psikologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dan binatang serta penerapannya pada permasalahan manusia

Menurut King (2014) psikologi adalah kajian ilmiah mengenai perilaku dan proses-proses mental.

 

  1. 3.     Implementasi Karakteristik Sistem

Contoh Aplikasinya

:

“Sistem komputerisasi pada perekrutan karyawan di sebuah perusahaan”

Tujuan

:

Mempermudah tugas manusia dalam mengolah data yang akurat.

Batasan

:

Aplikasi inventory (PAPI Kostick)

Kontrol

:

CPU (Control Processing Unit) mengoperasikan sistem aplikasi PAPI Kostick

Input

:

Memasukan jawaban pilihan atas pernyataan-pernyataan yang ada

Proses

:

Memproses semua data yang masuk sesuai dengan yang diinput untuk menghasilkan suatu informasi yang dibutuhkan pihak HRD

Output

:

File

Umpan Balik

:

Perbaikan program dan perbaharuan program


  

Komentar